Wednesday, April 29, 2015

Definisi atau pengertian internal audit adalah yang menjadi referensi adalah menurut the Institute of Internal Auditor (the IIA). Dimana dalam publikasi menyatakan bahwa Internal Audit mencerminkan tujuan fundamental, sifat dan ruang lingkup pekerjaan. berikut ini adalah kutipan mengenai pengertian internal audit menurut the IIA.


Tujuan Audit internal

Terdapat beberapa referensi lain yang dapat digunakan untuk memahami tujuan dari audit internal selain dari the IIA, pendapat mengenai tujuan audit internal adalah oleh para ahli lainnya adalah sebagai berikut : Menurut Guy et al Audit internal bertujuan untuk meningkatkan efektivitas suatu pengendalian secara wajar (Guy et al, 2003).

Fungsi Audit internal

Fungsi audit internal adalah dapat memberi nilai tambah kepada organisasi jika mampu menyediakan assurance yang relevan dan objektif, melalui rekomendasi yang dapat memberi kontribusi kepada efektivitas dan efisiensi proses tata kelola organisasi, manajemen risiko, dan pengendalian.

Wewenang Audit Internal

Wewenang audit internal biasanya dituangkan dalam sebuah piagam auditor internal, untuk memastikan fungsinya dapat berjalan sesuai dengan tujuan diatas maka kegiatan internal audit harus memiliki kewenangan yang formal dan jelas dalam organisasi. Adapun wewenang auditor internal adalah Akses yang tidak terbatas, bebas, dan penuh kepada catatan, fisik aset, dan personil perusahaan yang berkaitan dengan penugasan.

Tanggungjawab Audit Internal

Tanggung jawab audit internal dalam organisasi haruslah ditetapkan dengan jelas dalam suatu organisasi, penjelasan mengenai fungsi dan tanggung jawab dari audit internal paling tepat adalah dalam piagam internal audit yang disahkan oleh manajemen dan board. Pada prinsipnya sesuai dengan definisi tugas dan tanggung jawab internal auditor adalah memeriksa dan mengevaluasi kehandalan dan efektivitas tata kelola organisasi, manajemen risiko, dan pengendalian internal, serta kualitas kinerja organisasi dalam upaya pencapaian tujuan dan target organisasi.  


Peran Auditor internal

Peran auditor internal sebagai konsultan Jenis audit yang dilakukan oleh auditor adalah audit operasiona atau audit kinerja, yang bertujuan untuk meyakinkan bahwa perusahaan telah memanfaatkan sumber daya perusahaan secara ekonomis, efisien dan efektif. sehingga dapat dinilai apakah manajemen telah menjalankan aktivitas perusahaan sesuai pada tujuannya. Rekomendasi yang dibuat oleh auditor internal biasanya bersifat jangka menengah, diharapkan auditor internal dapat  memberikan manfaat berupa nasehat dalam pengelolaan sumber daya yang ada di  perusahaan sehingga dapat membantu tugas para manajer operasional.

0 comments:

Post a Comment