Monday, January 26, 2015

Judul : Pengantar Ilmu Ekonomi
Sub-judul : Pendapatan Disposibel

Introduksi
E modul kali ini akan membahas materi mengenai : Pendapatan Nasional- Pendapatan PerKapita sebagai materi mata kuliah : Pengantar Ilmu Ekonomi. e modul kuliah ini disusun sedemikian rupa lengkap dengan contoh untuk memudahkan pembaca mempelajari mengenai : Pendapatan nasional yaitu Pendapatan PerKapita yang diberikan.

Tujuan
e modul kuliah ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan wawasan yang lengkap mengenai  mata kuliah : Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional, sehingga para pembaca mampu memahami dan mampu menjelaskan tentang Pendapatan PerKapitasebagai materi dalam membuat makalah mata kuliah : Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional atau untuk menyelesaikan tugas mengenai Pendapatan PerKapita.

Pembahasan
Pendapatan per kapita (income per capita) menunjukkan pendapatan rata-rata per tahun setiap penduduk di dalam suatu negara. Besarnya pendapatan per kapita sehingga tidak merefleksikan pendapatan sebenarnya yang diperoleh masing-masing penduduk. Apalagi kita tahu bahwa sebaran jumlah penduduk, modal dan aktivitas produksi antara satu wilayah dengan wilayah lain di suatu negara tidak sama. Besarnya pendapatan per kapita dapat dihitung dengan cara membagi besar-nya Pendapatan Nasional Bruto (PNB) suatu negara dengan jumlah penduduk negara yang bersangkutan.

Contoh perhitungan pendapatan negara perkapita : misalkan jumlah penduduk berdasarkan statistik tahun 2015 ini berjumlah 200 juta jiwa dengan Produksi Nasional Bruto (PNB)  Rp 1.200 triliun, maka pendapatan per kapita  adalah = Rp. 6.000.000.  Kemudian, seandainya angka itu kita konversi ke USD (dolar Amerika) dengan kurs USD 1 sama dengan Rp 6.000,00, maka pendapatan per kapitanya dalam dolar Amerika Serikat adalah USD 1,000 per tahun.

Kesimpulan
Pendapatan negara PerKapita adalah pendapatan rata-rata pertahun penduduk dalam suatu negara, pendapatan perkapita negara dapat dihitung dengan membagi Produk Nasional Bruto dengan Jumlah penduduk.

Penutup
Penulis sangat menghargai kemauan pembaca untuk mempelajari e modul kuliah : Pendapatan PerKapita, yaitu salah satu materi mata kuliah Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional. semoga kesungguhan pembaca dalam mempelajari e modul kuliah Pendapatan PerKapita ini akan bermanfaat bagi pembaca sekalian. Harapan penulis dengan membaca materi e modul untuk mata kuliah : Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional, dapat dicontoh sebagai referensi dalam membuat tugas makalah Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional- Pendapatan PerKapita.
e modul, kuliah, ekonomi, modul kuliah, pendapatan nasional, mata kuliah ekonomi, modul mata kuliah, pengantar ilmu ekonomi

0 comments:

Post a Comment