Saturday, January 17, 2015

Judul : Pengantar Ilmu Ekonomi
Sub-judul : Makalah Konsep Pendapatan Nasional beserta contoh perhitungan
Introduksi
E modul kali ini akan membahas materi mengenai : Pendapatan Nasional-konsep pendapatan nasional sebagai materi mata kuliah : Pengantar Ilmu Ekonomi. e modul kuliah ini disusun sedemikian rupa lengkap dengan contoh untuk memudahkan pembaca mempelajari mengenai : Pendapatan nasional yaitu konsep pendapatan nasional yang diberikan.

Tujuan
e modul kuliah ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan wawasan yang lengkap mengenai mata kuliah : Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional, sehingga para pembaca mampu memahami dan mampu menjelaskan tentang Konsep pendapatan nasional, sebagai materi dalam membuat makalah mata kuliah : Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional atau untuk menyelesaikan tugas mengenai Konsep pendapatan nasional.

Pembahasan
Konsep Pendapatan nasional adalah konsep perhitungan nilai barang dan jasa yang memperhatikan seluruh barang-barang dan jasa-jasa yang diproduksi oleh faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh warga negara suatu negara di negerinya sendiri dan di luar negeri. Konsep keluaran nasional (national output) atau disebut juga produk nasional (national product) adalah jumlah seluruh barang dan jasa yang dihasilkan suatu perekonomian negara dalam satu periode. Perhitungan pendapatan nasional menyajikan ukuran-ukuran keseluruhan (agregat) nilai dasar dari seluruh barang dan jasa dalam bentuk akhir/jadi, yang diproduksi dalam perekonomian negara yang bersangkutan dalam jangka waktu satu tahun.

Konsep Ukuran-ukuran pendapatan nasional tersebut adalah : Produk Nasional Bruto (PNB), Produk Domestik Bruto (PDB) dan Pendapatan Nasional (PN). Gambaran sederhana dari konsep pendapatan nasional, tanpa mengambarkan adanya pemerintah dan “tabungan” (penanaman modal), nilai pasar barang-barang dan jasa-jasa yang diproduksi adalah sama dengan pengeluaran untuk barang dan jasa dan seluruh upah, sewa, bunga, dan keuntungan yang diterima oleh sumber-sumber daya ekonomi (faktor produksi) dalam memproduksi barang dan jasa tersebut.

Dalam perekonomian tertutup sederhana, pendapatan yang diterima oleh rumah tangga-rumah tangga konsumsi atau disebut income/yield (Y) digunakan untuk : membeli barang dan jasa, yang disebut dengan pengeluaran konsumsi (consumption) atau ditulis dengan inisial C, dan sisanya digunakan untuk menabung (saving) atau dituli dengan inisial S. maka konsep Pendapatan nasional dapat dituliskan dalam rumus sebagai berikut : Y = C + S

Konsep pendapatan nasional selanjutnya mengamsumsikan dalam jangka panjang kemungkinan besar tabungan akan digunakan untuk investasi, maka konsep pendapatan nasional dapat dituliskan dengan rumus : Y = C + I

Contoh perhitungan konsep pendapatan nasional
Diasumsikan bahwa keseluruhan produksi adalah 1.000.000 unit barang dengan harga per unit Rp 25. Biaya untuk memproduksi keseluruhan barang tersebut terdiri dari upah Rp 10.000.000, bunga Rp 5.000.000 sewa Rp 4.000.000 dan keuntungan Rp 6.000.000

Jawaban perhitungan konsep pendapatan nasional
-Menggunakan pendekatan pendapatan (income approach), maka pendapatan nasional dari produksi adalah Rp 20.000.000 (upah Rp 10.000.000 + sewa Rp 4.000.000 + keuntungan Rp 6.000.000).
-Menggunakan pendekatan pengeluaran (expenditure approach) maka pendapatan nasional dari produksi adalah Rp. 25.000.000 (upah Rp 10.000.000 + bunga Rp 5.000.000 + sewa Rp 4.000.000 + keuntungan Rp 6.000.000) Rp 25.000.000.
Jadi dapat kita simpulkan, bahwa, baik yang menunjukkan Produk Domestik Bruto (jumlah barang dan jasa yang dihasilkan di suatu negara yang diproduksi oleh penduduknya sendiri dan warga asing yang bekerja di negara tersebut) maupun yang menunjukkan Produk Nasional Bruto (jumlah barang dan jasa yang dihasilkan oleh penduduknya sendiri/ warga negara di dalam negeri dan di luar negeri).

Kesimpulan
Konsep Pendapatan Nasional adalah jumlah barang dan jasa yang diproduksi dalam suatu negara pada periode tertentu. baik itu barang atau jasa yang diproduksi oleh penduduknya sendiri dan warga asing yang berada dalam satu negara (PDB) maupun yang dihasilkan penduduknya sendiri diluar negeri (PNB).

Penutup
Penulis sangat menghargai kemauan pembaca untuk mempelajari e modul kuliah : Konsep pendapatan nasional, yaitu salah satu materi mata kuliah Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional. semoga kesungguhan pembaca dalam mempelajari e modul kuliah pendapatan nasional ini akan bermanfaat bagi pembaca sekalian. Harapan penulis dengan membaca materi e modul untuk mata kuliah : Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional, dapat dicontoh sebagai referensi dalam membuat tugas makalah Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional-konsep pendapatan nasional.
e modul, kuliah, ekonomi, modul kuliah, pendapatan nasional, mata kuliah ekonomi, modul mata kuliah, pengantar ilmu ekonomi

0 comments:

Post a Comment