Saturday, January 17, 2015

Judul : Pengantar Ilmu Ekonomi
Sub-judul : Manfaat Pendapatan Nasional

Introduksi
E modul kali ini akan membahas materi mengenai : Pendapatan Nasional-Manfaat Pendapatan Nasional sebagai materi mata kuliah : Pengantar Ilmu Ekonomi. e modul kuliah ini disusun sedemikian rupa lengkap dengan contoh untuk memudahkan pembaca mempelajari mengenai : Pendapatan nasional yaitu Manfaat Pendapatan Nasional yang diberikan.

Tujuan
e modul kuliah ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan wawasan yang lengkap mengenai  mata kuliah : Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional, sehingga para pembaca mampu memahami dan mampu menjelaskan tentang Manfaat Pendapatan Nasional sebagai materi dalam membuat makalah mata kuliah : Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional atau untuk menyelesaikan tugas mengenai Manfaat Pendapatan Nasional.

Pembahasan
Secara umum terdapat 3 Manfaat Pendapatan Nasional Data pendapatan nasional merupakan sumber informasi bagi pemerintah untuk menganilisis efektifitas kebijakan-kebijakan fiskal yang diambil pemerintah di masa lampau. berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat menghitung pendapatan nasional bagi suatu negara, yaitu :
1. Manfaat Pendapatan Nasional sebagai Alat Ukur Pertumbuhan Ekonomi Suatu negara. Perhitungan pendapatan nasional bermanfaat sebagai salah satu instrumen untuk mengukur tingkat pertumbuhan ekonomi yang dicapai oleh suatu negara. Dengan menggunakan hasil perhitungan pendapatan nasional dari suatu tahun ke tahun lainnya kita akan dapat mengamati pertumbuhan ekonomi suatu negara dari tahun ke tahun. Pertumbuhan ekonomi tersebut merupakan prestasi suatu negara dalam mengendalikan kegiatan ekonominya.
2. Manfaat Pendapatan Nasional sebagai Alat Pembanding Kemajuan Antarnegara. Di samping menganalisis tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara, perhitungan pendapatan nasional bermanfaat juga untuk melihat  keberhasilan suatu negara dalam mengendalikan dan mengembangkan ekonomi suatu negara dengan cara membandingkan dengan keberhasilan negara-negara lain yang setara dalam membangun perekonomiannya.
3. Manfaat pendapatan nasional sebagai dasar untuk menilai efektivitas kebijakan Ekonomi Masa Lalu dan Bahan Pertimbangan untuk Kebijakan yang akan datang. Data pendapatan nasional merupakan sumber informasi yang sangat bermanfaat bagi pemerintah untuk menganilisis efektifitas kebijakan-kebijakan fiskal yang diambil pemerintah di masa lampau dan sebagai bahan pertimbangan untuk membuat penyesuaian ataupun perbaikan melalui kebijakan-kebijakan baru di masa yang akan datang. Pendapatan nasional dapat digunakan untuk menilai sebesar dan sejauh apa produktivitas masyarakat dan sejauh mana tingkat kemakmuran dapat dicapai

Kesimpulan
Manfaat pendapatan nasional adalah sebagai alat ukur pertumbuhan suatu negara, alat pembanding pertumbuhan antara negara yang sejenis, sebagai alat untuk menilai efektivitas kebijakan ekonomi masa lalu dan bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan ekonomi yang akan datang.

Penutup
Penulis sangat menghargai kemauan pembaca untuk mempelajari e modul kuliah : Manfaat pendapatan nasional, yaitu salah satu materi mata kuliah Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional. semoga kesungguhan pembaca dalam mempelajari e modul kuliah Manfaat pendapatan nasional ini akan bermanfaat bagi pembaca sekalian. Harapan penulis dengan membaca materi e modul untuk mata kuliah : Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional, dapat dicontoh sebagai referensi dalam membuat tugas makalah Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional- Manfaat pendapatan nasional.

0 comments:

Post a Comment