Saturday, January 17, 2015

Judul : Pengantar Ilmu Ekonomi
Sub-judul : Pendapatan Nasional

Introduksi
E modul kali ini akan membahas materi mengenai : Pengertian Pendapatan Nasional sebagai materi mata kuliah : Pengantar Ilmu Ekonomi. e modul kuliah ini disusun sedemikian rupa lengkap dengan contoh untuk memudahkan pembaca mempelajari mengenai : Pengertian Pendapatan Nasional yaitu Defenisi Pendapatan Nasional yang diberikan.

Tujuan
e modul kuliah ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan wawasan yang lengkap mengenai  mata kuliah : Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional, sehingga para pembaca mampu memahami dan mampu menjelaskan tentang Pengertian Pendapatan Nasional sebagai materi dalam membuat makalah mata kuliah : Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional atau untuk menyelesaikan tugas mengenai Pengertian Pendapatan Nasional.

Pembahasan
Teori makro ekonomi memusatkan perhatian dan menganalisis kegiatan ekonomi negara  ditinjau secara menyeluruh. Analisis makro ekonomi diperlukan untuk mengetahui keseluruhan tingkat kegiatan ekonomi negara dan pertumbuhannya serta mengetahui sektor-sektor mana yang men-jadi pengerak pertumbuhannya. Pendapatan nasional adalah konsep perhitungan nilai barang dan jasa yang memperhatikan seluruh barang-barang  dan jasa-jasa yang diproduksi oleh faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh warga negara suatu negara di negerinya sendiri dan di luar negeri.
Untuk memperoleh informasi mengenai pertumbuhan perekonomian diperlukan data mengenai Produk Nasional Bruto (PNB) atau Gross National Produk (GNP) dan Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Bruto GDP) dan komponen-komponen lain dari konsep pendapatan nasional atau produksi nasional. Untuk menghitung pendapatan nasional itu dilakukan dengan menggunakan sistem penghitungan pendapatan nasional (national income accounting system).
Perhitungan pandapatan nasional merupakan perekonomian pasar barang dan jasa yang dapat ditinjau melalui perekonomian tertutup (sederhana) dua sektor, perekonomian tiga sektor, dan perekonomian terbuka (empat sector). untuk lebih jelasnya mengenai pendapatan nasional dapat dilihat bagian sub-pembahasan pendapatan nasional pada link dibawah ini.
Penutup
Penulis sangat menghargai kemauan pembaca untuk mempelajari e modul kuliah : Pengertian pendapatan nasional, yaitu salah satu materi mata kuliah Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional. semoga kesungguhan pembaca dalam mempelajari e modul kuliah Pengertian pendapatan nasional ini akan bermanfaat bagi pembaca sekalian. Harapan penulis dengan membaca materi e modul untuk mata kuliah : Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional, dapat dicontoh sebagai referensi dalam membuat tugas makalah Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional- Pengertian pendapatan nasional.

0 comments:

Post a Comment