Monday, January 26, 2015

Judul : Pengantar Ilmu Ekonomi
Sub-judul : Pendapatan Disposibel

Introduksi
E modul kali ini akan membahas materi mengenai : Pendapatan Nasional-Pendapatan Disposibel sebagai materi mata kuliah : Pengantar Ilmu Ekonomi. e modul kuliah ini disusun sedemikian rupa lengkap dengan contoh untuk memudahkan pembaca mempelajari mengenai : Pendapatan nasional yaitu Pendapatan Disposibel yang diberikan.

Tujuan
e modul kuliah ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan wawasan yang lengkap mengenai  mata kuliah : Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional, sehingga para pembaca mampu memahami dan mampu menjelaskan tentang Pendapatan Disposibel sebagai materi dalam membuat makalah mata kuliah : Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional atau untuk menyelesaikan tugas mengenai Pendapatan Disposibel.

Pembahasan
Pajak langsung (pajak penghasilan) adalah salah satu unsur penerimaan negara yang dipungut dari masyarakat dan berpengaruh terhadap pembentukan pendapatan/penghasilan bersih dari orang-orang yang terkena pajak tersebut.  Apabila peng-hasilan dari orang-orang (individu) sebagian dibayarkan untuk pajak penghasilannya, maka sisa penghasilan tersebut merupakan nilai sisa yang disebut sebagai pendapatan disposibel (disposible income). Penghasilan bersih (nilai sisa) inilah yang dapat digunakan orang-orang (individu) untuk dibelanjakan (dikeluarkan) untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pendapatan disposibel itu merupakan daya beli yang dapat digunakan oleh masyarakat (rumah tangga) untuk membeli barang-barang dan jasa-jasa yang mereka perlukan. Dalam kenyataannya, tidak semua pendapatan disposibel digunakan untuk konsumsi karena sebagaiannya mungkin digunakan untuk menabung, investasi, atau bahkan digunakan untuk membayar pokok dan bunga dari barang-barang yang diperolehnya secara mencicil (installment) atau sewa-beli (hire purchase) atau sewa guna (leasing) maupun kredit bank yang digunakan membiayai pemilikan rumah atau kendaraan. Dalam kaitan perhitungan Pendapatan Nasional, pembayaran bunga atas pinjaman-pinjaman dalam berbagai bentuk tidak termasuk dalam Pendapatan Nasional karena pinjaman yang dilakukan konsumen itu bukan digunakan untuk menciptakan pendapatan nasional.

Kesimpulan
Pendapatan Disposibel adalah penghasilan bersih yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya.

Penutup
Penulis sangat menghargai kemauan pembaca untuk mempelajari e modul kuliah : Pendapatan Disposibel, yaitu salah satu materi mata kuliah Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional. semoga kesungguhan pembaca dalam mempelajari e modul kuliah Pendapatan Disposibel ini akan bermanfaat bagi pembaca sekalian. Harapan penulis dengan membaca materi e modul untuk mata kuliah : Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional, dapat dicontoh sebagai referensi dalam membuat tugas makalah Pengantar ilmu Ekonomi-Pendapatan Nasional- Pendapatan Disposibel.
e modul, kuliah, ekonomi, modul kuliah, pendapatan nasional, mata kuliah ekonomi, modul mata kuliah, pengantar ilmu ekonomi

0 comments:

Post a Comment