Tuesday, January 20, 2015

Pengantar :
Modul kuliah / modul pelatihan (training) kali ini akan membahas hal-hal dasar yang harus diketahui oleh seorang internal audit secara umum, mulai dari pengertian internal audit, standar profesi internal audit sampai tugas dan tanggung jawab seorang internal auditor. Modul modul kuliah / modul pelatihan (training) disusun sedemikian rupa untuk memudahkan pembaca mempelajari materi kuliah / pelatihan yang diberikan.

Tujuan :
Tujuan dari materi Modul modul kuliah / modul pelatihan (training) ni diharapkan mampu memberikan pemahaman dan wawasan yang lengkap tentang dasar internal audit, sehingga para pembaca mampu memahami dan mampu menjelaskan mengenai pengertian internal audit, perkembangan paradigma internal audit, standar profesi, jenis - jenis internal audit serta perbedaannya dengan eksternal audit.

A. Pengenalan atas Internal Audit
Defenisi atau pengertian internal audit dalam beberapa dekade terakhir telah mengalami perubahan seiring dengan kemajuan yang cukup signifikan atas fungsi internal audit itu sendiri. Pengertian / defenisi internal audit menurut para ahli yang saya kutip dari beberapa buku elektronik adalah sebagai berikut :
  • Internal audit adalah suatu fungsi penilaian yang independen dalam suatu organisasi untuk menguji dan mengevaluasi kegiatan organisasi yang dilaksanakan (Hiro Tugiman, 2006:11). 
  • Internal audit adalah seorang auditor yang bekerja dalam perusahaan yang tugas pokoknya adalah menentukan apakah kebijakan dan prosedur yang ditetapkan oleh manajemen puncak telah dipatuhi, menentukan baik atau tidaknya penjagaan terhadap kekayaan organisasi, menentukan efisiensi dan efektivitas prosedur kegiatan organisasi, serta menentukan keandalan informasi yang dihasilkan oleh berbagai bagian organisasi (Mulyadi, 2002:29).  
  • Internal audit adalah fungsi penilaian independen yang dibentuk dalam perusahaan untuk memeriksa dan mengevaluasi aktivitas-aktivitasnya sebagai jasa yang diberikan kepada perusahaan (Sawyer, 2005:8) .
  • Defenisi terbaru mengenai pengertian internal audit yang telah disempurnakan oleh The Institute of Internal Auditor yang saya kutip dari bahasa inggris adalah sebagai berikut : “Internal auditing is an independent, objective assurance and consulting activity designed to add value and improve an organization’s operations. It helps an organization accomplish its objectives by bringing a systematic, disciplined approach to evaluate and improve the effectiveness of risk management, control, and governance processes”. 
Disebutkan bahwa internal audit adalah suatu aktivitas independen dalam menetapkan tujuan dan merancang aktivitas konsultasi  (consulting activity) yang bernilai tambah (value added) dan meningkatkan operasi perusahaan. Dengan demikian internal auditing membantu organisasi dalam mencapai tujuan dengan cara pendekatan yang terarah dan sistematis untuk menilai dan mengevaluasi keefektifan manajemen resiko (risk management) melalui pengendalian (control) dan proses tata kelola yang baik (governance processes)

B. Jenis - jenis audit
Setelah memahami mengenai defenisi Internal audit, materi kuliah / materi pelatihan (training) adalah membahas mengenai jenis kegiatan audit yang biasa dilakukan oleh seorang internal auditor. Jenis- jenis pemeriksaan yang biasanya dilaksanakan oleh seorang internal auditor yaitu  audit keuangan, audit kepatuhan, audit operasional dan audit kecurangan. Agar memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai jenis-jenis audit tersebut selanjutnya akan dijelaskan secara satu persatu.
  • Audit keuangan : tujuan dari audit ini adalah untuk menentukan apakah laporan keuangan yang disajikan secara keseluruhan adalah wajar jika dibandingkan dengan kriteria yang ditentukan. 
  • Audit kepatuhan : tujuan dari audit ini adalah untuk menentukan tingkatan kepatuhan suatu organisasi atau karyawan terhadap peraturan dan regulasi yang telah ditetapkan. 
  • Audit operasional : audit ini disebut juga audit kinerja yang bertujuan untuk mengukur efektivitas maupun efesiensi penggunaan sumber daya atas suatu aktivitas dalam organisasi. 
  • Audit Kecurangan : biasanya audit ini disebut juga audit khusus yang diminta oleh manajemen atau organisasi yang bertujuan untuk mendeteksi atau mencegah terjadinya kecurangan.

C. Kegiatan Utama Internal Auditor
Setelah memahami mengenai peran internal auditor materi kuliah / materi pelatihan (training) selanjutnya adalah membahas mengenai kegiatan utama yang biasanya dilakukan oleh seorang internal auditor. Pada umumnya terdapat 6 kegiatan utama seorang internal auditor yaitu :
  • Melakukan uji kepatuhan (compliance test / test of control). Uji kepatuhan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kebijakan, rencana, dan prosedur-prosedur telah dilaksanakan, meliputi : kepatuhan terhadap prosedur akuntansi, kepatuhan terhadap prosedur operasional, dan kepatuhan terhadap regulasi pemerintah . 
  • Internal Auditor harus melakukan Verifikasi pengukuran atas akurasi dan reabilitas berbagai laporan dan data manajemen serta melakukan evaluasi atas manfaat dari laporan dimaksud apakah dapat membantu manajemen dalam pengambilan keputusan. 
  • Internal Auditor harus melakukan evaluasi terhadap cara yang digunakan oleh organisasi dalam rangka melindungi aset perusahaan. Internal auditor juga dapat melakukan verifikasi atas keberadaan aset tersebut. 
  • Internal Auditor harus melakukan evaluasi atas rancangan pengendalian yang digunakan oleh organisasi, internal auditor juga dapat melakukan evaluasi atas efisiensi penggunaan sumber daya yang ada. Contoh utilisasi atas mesin yang tidak maksimal, biaya pengendalian yang dikeluarkan lebih besar dibanding manfaat, dan lain sebagainya. 
  • Internal auditor dalam melaksanakan tugas harus menilai apakah tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan oleh manajemen telah dilaksanakan dengan baik dan dapat dicapai. Contoh misalnya evaluasi atas pencapaian penjualan, proses penagihan, target produksi, cash flow, dll. 
  • Setelah kelima tahapan sebelumnya dilaksanakan oleh internal auditor maka tugas yang terakhir adalah membuat laporan atas hasil pemeriksaan kepada manajemen sesuai dengan fakta yang ditemui dilapangan.
PenutupPenulis sangat menghargai kemauan pembaca untuk mempelajari modul kuliah / modul pelatihan (training) mengenai internal audit ini.  semoga kesungguhan pembaca dalam mempelajari modul kuliah dan modul pelatihan (training) internal audit ini akan bermanfaat bagi pembaca sekalian. Harapan penulis dengan materi kuliah, kumpulan makalah internal audit ini dapat bermanfaat bagi para mahasiswa sebagai contoh makalah untuk menyelesaikan tugasnya mengenai internal audit dan bagi para pekerja diharapkan materi pelatihan (training) ini dapat berguna dalam pekerjaannya sehari - hari.

0 comments:

Post a Comment