Saturday, January 31, 2015

Overview
Materi kuliah kali ini akan membahas mengenai analisis rasio keuangan, sebagai dasar mata kuliah manajemen keuangan, materi kuliah analisis rasio keuangan ini dapat digunakan untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan.

Tujuan
Materi kuliah analisis rasio keuangan ini diharapkan mampu menjelaskan konsep rasio profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, rentabilitas dan aktivitas, untuk menambah wawasan mengenai mata kuliah manajemen keuangan.

Pembahasan
Secara finansial tolok ukur kemampuan perusahaan dalam perspektif keuangan perusahaan adalah konsep profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, rentabilitas dan aktivitas. Kelima konsep tersebut secara umum menggambarkan kesehatan keuangan perusahaan dalam jangka pendek, jangka panjang serta kemampuan menghasilkan laba. Konsep tersebut dapat diterapkan pada laporan keuangan perusahaan pada umumnya.

Manfaat diadakannya analisis rasio keuangan antara lain : untuk menilai kondisi keuangan perusahaan, menganalisis kebijakan keuangan yang telah dilakukan dan pengaruhnya terhadap keuangan perusahaan, menilai hasil pengelolaan perusahaan dan membantu dalam pengawasan perusahaan. Dengan dilakukannya analisis rasio keuangan maka diharapkan dapat mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan perusahaan di bidang keuangan.

rasio adalah suatu yang menggambarkan hubungan antara suatu jumlah tertentu dengan jumlah yang lain, dan dengan menggunakan alat analisis berupa rasio ini akan dapat menjelaskan kepada analisis tentang baik buruknya kondisi keuangan suatu perusahaan. analisis rasio keuangan yang umum digunakan dapat dikelompokkan kedalam lima bagian, antara lain :

1.Rasio Profitabilitas
Analisis rasio keuangan profitabilitas adalah rasio yang menunjukan kemampuan perusahaan mencetak laba. Bagi investor, ratio ini menunjukan tingkat pengembalian dalam investasi
2.Rasio Likuiditas
Analisis rasio keuangan likuiditas yaitu rasio yang mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangan jangka pendeknya menurut Budi Rahardjo. analisis rasio keuangan likuiditas memiliki dua dimensi yakni dimensi waktu yaitu seberapa cepat suatu aktiva bias berubah menjadi kas, dan dimensi kepastian yaitu seberapa pasti nilai pada saat berubah menjadi kas.
3.Rasio Solvabilitas
Analisis rasio keuangan solvabilitas adalah rasio yang menunjukan kemampuan perusahaan untuk memenuhi seluruh kewajibannya baik jangka pendek maupun jangka panjang.
4.Rasio Rentabilitas
Analisis rasio keuangan rentabilitas merupakan suatu rasio yang membandingkan segala asset perusahaan dalam menghasilkan tingkat laba. Dengan kata lain rasio rentabilitas adalah kemampuan perusahaan menggunakan aktiva secara produktif.
5.Rasio Aktivitas
Analisis rasio keuangan aktivitas rasio aktivitas adalah rasio yang mengukur sampai seberapa besar efektivitas perusahaan dalam mengerjakan sumber-sumber dana. Bagus tidaknya kinerja keuangan serta proses pengelolaan produksi perusahaan tercermin dalam rasio ini

Kesimpulan
Terdapat lima analisis rasio keuangan yang umum digunakan dalam menganalisa kinerja keuangan perusahaan yaitu rasio profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, rentabilitas dan aktivitas.

Penutup
Penulis sangat menghargai kemauan anda untuk membaca materi kuliah analisis rasio keuangan, semoga tulisan tentang analisis rasio laporan keuangan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian dan dapat menambah referensi atas mata kuliah manajemen keuangan.
Kategori: Modul kuliah, Materi kuliah: Analisis rasio Keuangan, Mata kuliah: keuangan, pembahasan: Analisis rasio laporan keuangan perusahaan

0 comments:

Post a Comment