Monday, February 2, 2015

Pendahuluan
Materi kuliah kali ini akan membahas mengenai laporan keuangan perusahaan, sebagai dasar mata kuliah akuntansi, materi kuliah laporan keuangan perusahaan ini dapat digunakan untuk melihat gambaran keuangan perusahaan.

Tujuan
Materi kuliah laporan keuangan perusahaan ini diharapkan mampu menjelaskan mengenai manfaat laporan keuangan baik untuk internal maupun eksternal perusahaan, selain itu materi kuliah ini juga diharapkan dapat menambah wawasan pembaca mengenai mata kuliah akuntansi pada umumnya dan laporan keuangan perusahaan pada khususnya.

Pembahasan
Laporan keuangan perusahaan dipersiapakan atau dibuat dengan maksud untuk memberikan gambaran dan laporan kemajuan kinerja suatu perusahaan secara periodik. Tujuan dibuatnya laporan keuangan perusahaan ini adalah untuk memberi informasi akuntansi yang dapat digunakan dalam memprediksikan bagaimana kinerja perusahaan dimasa yang akan datang dengan analisis rasio keuangan. Pemakai laporan keuangan perusahaan dapat dikategorikan menjadi 2 (dua) golongan yaitu pemakai internal dan pemakai eksternal.

Pada umumnya laporan keuangan perusahaan terdiri dari neraca dan perhitungan laba rugi serta laporan perubahan modal perusahaan, dimana neraca menunjukan atau menggambarkan jumlah aktiva, hutang dan modal dari suatu perusahaan pada tanggal tertentu, sedangkan perhitungan laba rugi menggambarkan sumber dan penggunaan atau alasan-alasan yang menyebabkan perubahan modal perusahaan.

Laporan keuangan perusahaan sendiri didefenisikan oleh banyak ahli dengan pemahaman dan kriteria yang hamper sama. laporan keuangan perusahaan adalah merupakan media yang dapat dipakai untuk meneliti kondisi kesehatan perusahaan yang terdiri neraca, perhitungan laba rugi, ikhtisar laba ditahan dan laporan posisi keuangan secara singkat adalah hasil akhir proses akuntansi (Agnes Sawir, 2001;2). Laporan keuangan adalah seni dari pencatatan, penggolongan dan peringkasan dari peristiwa-peristiwa dan kejadian yang setidaknya sebagian bersifat keuangan dengan cara yang setepat-tepatnya dinyatakan dalam uang, serta penafsiran terhadap hal-hal yang timbul daripadanya (Munawir 2001;5) .

Pada umumnya jika suatu perusahaan membutuhkan pinjaman modal maka diperlukan laporan keuangan perusahaan sebagai bukti kinerja perusahaan tersebut yang dapat memberik informasi kepada para calon kreditur. Dari laporan keuangan perusahaan tersebut dapat di nilai layak tidaknya suatu usaha untuk dibiayai, serta seberapa jumlah dana yang perlu dibiayai oleh pihak kreditur. Dalam praktiknya setiap perusahaan baik bank maupun non bank pada suatu waktu (periode) akan melaporkan semua kegiatan keuanganya.

Kesimpulan
Laporan keuangan Perusahaan ini bertujuan untuk memberikan informasi keuangan suatu perusahaan baik kepada pemilik manajemen internal maupun pihak luar yang berkepentingan terhadap laporan keuangan perusahaan tersebut.

Penutup
Penulis sangat menghargai kemauan anda untuk membaca materi kuliah laporan keuangan perusahaan, semoga tulisan tentang laporan keuangan perusahaan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian dan dapat menambah referensi pembaca untuk mata kuliah akuntasi.
Kategori: Modul kuliah, Materi kuliah: Laporan keuangan perusahaan, Mata kuliah: Akuntansi, Pembahasan: Defenisi & manfaat laporan keuangan perusahaan

0 comments:

Post a Comment