Thursday, February 12, 2015

Pengguna Laporan Keuangan

Dalam praktiknya setiap perusahaan baik bank maupun non bank pada suatu waktu (periode) akan melaporkan semua kegiatan keuanganya. Laporan keuangan ini bertujuan untuk memberikan informasi keuangan suatu perusahaan baik kepada pemilik manajemen maupun pihak luar yang berkepentingan terhadap laporan tersebut. Adapun pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap laporan keuangan perusahaan adalah sebagai berikut:  
  • Investor atau Kreditur yaitu Pihak penyandang dana (Lembaga Keuangan) sangat berkepentingan terhadap usaha yang akan dibiayainya.
  • Pemegang Saham Bagi pemegang saham yang sekaligus merupakan pemilik bank, kepentingan laporan keuangan bank adalah untuk melihat kemajuan bank yang dipimpin oleh manajemen dalam suatu periode. 
  • Pemerintah Bagi pemerintah laporan keuangan digunakan untuk memenuhi kejujuran perusahaan dalam melaporkan aktivitasnya sekaligus untuk mengetahui kewajiban perusahaan terhadap Negara terutama Pajak.
  • Manajemen : Laporan keuangan bagi pihak manajemen adalah untuk menilai kinerja manajemen perusahaan dalam mencapai target-target yang telah ditetapkan. Kemudian juga untuk menilai kinerja manajemen dalam mengelola sumber daya yang dimiliki.

0 comments:

Post a Comment